Rabu, 11 April 2012

Bisul dan serba-serbinya

Bisul, Penyebab dan Pemecahannya.

Anda pernah dengar "Jangan banyak makan telor, nanti bisulan". "Jangan duduk diatas bantal, nanti bisulan". Kata-kata tersebut sering diucapkan orangtua kepada anaknya. Sebenarnya apa sih penyebab bisulan itu....? 


Bisul adalah kulit yang meradang ringan. Mula-mula  timbul bintik kecil merah dikulit lama kelamaan akan membesar. Ditengahnya ada warna kuning yang berisi nanah. Nyeri yang dirasakan akan mengganggu aktifitas sehari-hari.


Kenapa bisa bisulan.....?? Nah, coba kita kupas hal ini. Penyebab utama adalah bakteri. Bakteri akan menyerang tubuh terutama yang kulitnya kotor. Apalagi jika kita sedang dalam kondisi tubuh tidak fit.
Penyebab lain adalah darah kotor dalam tubuh. Hal ini terjadi karena asupan makanan minuman yang dikonsumsi. Bisulan bisa timbul disemua bagian tubuh terutama di lipatan tubuh seperti ketiak, pangkal paha, pantat. Kaki, tangan, punggung  juga bisa terkena bisul.


Segeralah atasi bisul sebelum membesar. Bila masih kecil, olesi segera dgn salep obat bisul (ictiyol....kalo tdk salah namanya) atau sering dibilang obat salep hitam utk bisul. Olesi bagian bisul yang bengkak, juga daerah sekeliling yang bengkak. Minum antibiotik, ini untuk mencegah radang atau minum juga obat radang. Bisa beli di apotik atau toko obat. Untuk pengobatan luar, coba kompres dengan air hangat atau dengan air garam. Ini untuk meredam radang.  Bisa juga dengan obat tradisional, telor kodok. Ini bukan telor kodok sungguhan, tapi berbentuk butiran-butiran. Bisa dibeli di toko obat, bukan apotik lho.....?? Cara pengobatan yaitu rendan rendam telor kodok dengan air. Setelah jadi satu, tempelkan di bisul. Rasanya adem, ganti setiap hari dengan yang baru. 


Jika bisul sudah pecah, jangan di pencet. Tapi tetap olesi dengan salep atau telor kodok. Kompres dengan larutan rivanol (berwarna kuning), ini untuk mencegah infeksi.


Nah, jangan lupa jagalah kebersihan kulit anda dan jaga asupan makanan minuman anda. Jika kulit anda sehat, jauh-jauh bisul........!


Semoga bermanfaat.....   

3 komentar:

  1. Manjur ya telor kodok tuh?

    BalasHapus
  2. iya, ada yang bilang pakai telur kodok,. ini juga lagi search mujarabnya telur kodok,. sepertinya sich bagus

    BalasHapus
  3. Berapa lama makek telur kodok itu dilengketi dikulit?

    BalasHapus